Alasan Penting Untuk Merawat Gigi Bayi

Share it:
sumber : |
Anak ialah buah hati lucu yang harus kita jaga kesehatannya , termasuk dibagian gigi bayi. Karena hal ini pentung untuk masa depan mereka. Kenapa sih harus dijaga? Apa saja alasannya?

gigi bayi

  • Senyum disetiap anak menghipnotis rasa harga diri dan kepercayaan diri dalam kehidupannya.
  • Gigi primer sangat penting sebab mereka membantu dan membimbing gigi permanen keluar dengan tepat
  • Gigi primer membantu menjaga gizi yang baik dengan cara mengunyah yang tepat
  • Gigi primer membantu dalam perkembangan bicara anak
  • Tidak mengobati gigi bayi yang rusak dapat menghipnotis perkembangan gigi permanen
  • Tidak merawat gigi bayi dapat menimbulkan gigi anak sakit parah dan kemungkinan akan menimbulkan abses.


Pengertian Abses , Abses ialah sekumpulan nanah yang menumpuk di rongga yang membentuk dalam jaringan sebab suatu proses inflamasi yang terjadi sebab infeksi sebab adanya bakteri. “(Wikipedia) Abses dapat sangat berbahaya dan menyebabkan pembengkakan dan sakit parah”. 

Ini hanya sebuah gigi bayi

Beberapa kali kita menghadapi dilema , apa yang kita lakukan dengan gigi bayi yang memiliki pembusukan parah? Orang renta sering terkejut dikala mereka mengetahui bahwa anak mereka memiliki kerusakan pada gigi.

Mari kita mulai dengan mengatakan bahwa gigi primer pada bayi mempunyai tujuan yang sangat penting untuk menghemat ruang untuk gigi permanen. Duapuluh gigi primer digantikan oleh dua puluh gigi permanen. Jika gigi bayi primer hilang sebelum gigi permanen siap tumbuh , gigi yang berdekatan akan berubah posisi kedalam ruang yang kosong. Hal ini akan menyebabkan dilema serius dikala ruang gigi permanen siap tumbuh ditempat ruang kosong tadi yang telah terhalang oleh gigi primer yang telah berubah posisi.

Gigi primer mempunyai pekerjaan penting dalam membantu memandu jalur yang sempurna untuk erupsi gigi permanen. Gigi primer akan hilang secara alami antara umur 5 hingga dengan 6 tahun. Delapan geraham gigi bayi belum siap keluar hingga dengan umur 9 hingga 13 tahun. Oleh sebab itu jikalau gigi geraham kedua primer hilang terlau dini sebab pembusukan , gigi geraham permanen tidak akan memiliki panduan untuk posisi yang tepat. Ini akan bergeser kedepan mengamabil ruang gigi permanen erupsi lainnya yang berdekatan yang akan menghalangi keluar.

Jika gigi bayi telah membusuk , dokter gigi anda akan merekomendasikan tambalan untuk mencegah penyebaran pembusukan. Jika pembusukan terlalu parah dan gigi tidak dapat dikembalikan sebab tidak dapat ditambal , dokter mungkin menyarankan memasang mahkota stainless steel atau perak. Mahkota stainless steel atau terbuat dari perak dapat menunjukkan kekuatan cukup baik dan tahan lama. Sampai gigi permanen siap untuk tumbuh.

Ketika pembusukan berjalan kepusat gigi dimana syaraf dan pembuluh darah berada. pulpotomi dapat dilakukan untuk menghapus pembusukan dan syaraf. Jika infeksi menyebar ketulang dan menyebabkan infeksi , gigi akan perlu diekstrak. Segera setelah ekstraksi subuah pengelola ruang harus dibuat biar sesuai dengan ruang. Ruang pengelola ialah sebuah alat yang custom cocok untuk verbal pasien dan tetap dalam verbal anak hingga gigi permanen mulai tumbuh. Alat ini sendiri akan mencegah gigi yang berdekatan bergerak masuk keruang kososng yang dapat mengganggu pertumbuhan gigi permanen.

Jangan lupa untuk menyikat gigi sikecil biar selalu terjaga senyum kecil yang cantik bersinar. baca juga Perlambat Pertumbuhan Sel Kanker Menggunakan Daun Mint

Share it:

Kesehatan Gigi

Post A Comment:

0 comments: