Cara Merawat GIGI Berlubang Dengan Benar Untuk Hilangkan Rasa Sakit

Share it:
sumber : |
Perawatan Gigi Berlubang - Hallo teman Vickymoos kali ini kita akan membahas kembali perihal permasalahan disekitar gigi , rasa sakit yang timbul pada gigi berlubang tentunya sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari , ketika bekerja tentunya tidak akan fokus , ketika mencar ilmu akan menghancurkan konsentrasi dalam mencar ilmu , bahkan ketika tidur akan menghancurkan mimpi mengagumkan menjadi mimpi buruk , itulah kengerian kalau kita mengalami sakit gigi. Oleh karena itu jangan sesekali anda menyepelekan kebersihan disekitar gigi dan lisan anda. 

GIGI berlubang disebabkan oleh anda yang kurang peduli degan kebersihan lisan , Gigi akan membusuk atau berlubang diakibatkan oleh plak pada gigi (baca definisi karies gigi) , terbentuknya plak bermula dari sisa-sisa makanan yang tidak sempat anda bersihkan , hal ini memberi kesempatan kepada basil untuk bekerja lebih giat untuk menghancurkan gigi anda. Lalu bagaimana cara untuk merawat Gigi kita yang sudah terlanjur berlubang? Untuk lebih jelasnya simak dulu ulasan dibawah ini.

cara merawat gigi berlubang parah

Pentingnya Menjaga Kesehatan GIGI dan Mulut Anda

Mencegah Gigi berlubang tentunya lebih baik dibanding mengobati , oleh karena itu kita harus lebih meningkatkan kesadaran dalam merawat dan menjaga kesehatan biar gigi dan lisan kita tetap bersih. Anda dapat melaksanakan beberapa langkah biar gigi anda terlindungi dari serangan basil yang akan menyebabkan sakit gigi.

Setidaknya sikat gigi anda dua kali dalam sehari terutama sehabis makan dan menjelang tidur , sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi akan membahayakan apalagi hingga terbawa tidur , perkembangan basil didalam lisan anda menjadi sangat pesat.

Setelah anda menyikat gigi , alangkah lebih baik juga berkumur menggunakan obat kumur yang tersedia diberbagai minimarket. Dengan cara ini , basil yang ada didalam lisan anda akan hilang.

Tidak hanya gigi saja yang digosok dan dibersihkan , indra perasa Lidah kita pun penting untuk dibersihkan. Hal ini akan membantu membersihkan sedimen atau plak yang menempel dan menghilangkan penyebab wangi mulut.

Berkumurlah setelah anda tamat makan , hal ini membantu untuk menyingkirkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi walaupun tidak 100% bersih.

Hindari makanan yang dapat merusak gigi mirip mengkonsumsi minuman kopi secara berlebihan , meminum minuman alkohol , dan merokok. Gosoklah gigi anda segera setelah mengkonsumsi makanan yang sangat manis atau asam.

Jika tidak terjangkau oleh sikat gigi untuk membersihkan sisa makanan yang masuk dalam sela-sela gigi , anda dapat menggunakan benang gigi. Benang gigi dapat menghilangkan basil dan sisa makanan , gunakan benang gigi disetiap sela-sela gigi terutama dibagian belakang , lakukan dengan pelan biar tidak melukai gusi.

Kenali Gejala GIGI Berlubang Sedini Mungkin

Hal ini sangat penting sekali ketika anda mengetahui tanda atau gejala GIGI Berlubang sedini mungkin , mengetahui lebih awal akan membantu anda untuk melaksanakan pencegahan dan penanganan biar lubang yang ada tidak membesar bahkan dapat sembuh kembali. Tanda-tanda gigi anda berlubang :
  • Ketika memakan makanan panas atau hambar gigi anda terasa nyeri , gigi lebih sensitif.
  • Sakit ketika menggigit.
  • Ada warna hitam disekitar gigi , biasanya berada pada episode belakang gigi.

Merawat GIGI Berlubang Agar Tidak Membesar

Langkah yang paling sempurna ialah mengunjungi dokter gigi anda , jangan pernah merasa takut untuk diperiksa , jelaskan secara detail kondisi gigi anda dikala ini kepada dokter biar dokter dapat memeriksa untuk memastikan dan mengambil langkah lanjutan demi kebaikan gigi anda biar lubang yang ada disekitar gigi tidak membesar bahkan hilang.

Mengambil langkah cepat kalau lubang pada gigi anda terdeteksi , tambal dengan segera , karena kalau didiamkan , basil akan terus menggerogoti hingga lubang pada gigi anda semakin membesar.

Menyikat gigi dengan sikat yang mempunyai bulu halus , sikat gigi berbulu halus akan bekerja lebih maksimal ketika membersihkan sisa makanan yang tertinggal pada gigi yang berlubang.

Kami sarankan untuk lebih sering dan banyak minum air putih. Air putih dapat menetralkan atau membersihkan gigi dari basil yang membandel , hal ini akan memperlambat bahkan terhindar dari gigi berlubang.

Lakukan Terapi Florida Jika Tidak Mau Menambal Gigi

Terapi Florida kalau gigi anda tidak mau ditambal , hal ini dilakukan kalau lubang pada gigi anda masih tahap awal (ringan) , Florida akan memperbaiki kerusakan pada gigi.

Cara perawatan GIGI Berlubang menggunakan florida mirip ini cukup mudah , florida berbentuk gel atau mirip pasta yang berkhasiat untuk melapisi gigi berlubang dan sekaligus memperkuat enamel gigi.

Biasanya Dokter gigi akan menyampaikan dua cara dalam mengaplikasikan florida pada gigi kita , yaitu dengan cara mengoleskan keseluruh permukaan gigi atau dengan cara mengoleskan pada permukaan yang terkena lubang. Terapi florida tidak memakan waktu lama hanya sekitar 2 hingga 3 menit saja. 

Florida sangat mudah didapat tanpa menggunakan resep dari dokter , florida dapat anda dapatkan di apotek.

Tindakan Jika GIGI Berlubang Anda Sudah Parah dan Bau

Nah untuk tingkatan ini tentunya anda sudah mengalami sakit gigi yang menyiksa diri anda , tidak mampu dengan hanya merawat gigi anda dirumah , Gigi berlubang yang sudah parah biasanya membusuk dan berbau tidak sedap. Hati-hati dengan tingkatan ini. Tidak akan sembuh dengan hanya berkumur dengan obat kumur , berkumur dengan air garam , menyikat gigi dan langkah perawatan lainnya. Langkah sempurna ialah mengunjungi Dokter GIGI. Selain melaksanakan perawatan atau menambal gigi Dokter akan menunjukkan cara lain biar Gigi anda tetap berfungsi dengan baik yaitu dengan cara :

Memasang Mahkota GIGI – cara ini mirip sarung yang melindungi seluruh gigi berlubang anda biar berfungsi mirip sediakala sewaktu sehat , cara lain mengatasi GIGI berlubang dengan mahkota gigi memang diharapkan biaya yang cukup mahal , dan cara ini digunakan ketika gigi berlubang anda sudah parah. Sarung yang dipakai ibarat bentuk gigi dan berbahan keras semacam material metal.

  • Pertama-tama Dokter akan membersihkan gigi anda.
  • Bagian gigi yang rusak akan dibor dan dibuat cetakannya.
  • Cetakan akan di isi dengan materi yang keras mirip porselen , atau emas untuk membuat mahkota sehingga bagus untuk menggantikan gigi kita yang rusak.
  • Setelah mahkota tamat dibuat , dokter akan memasangkannya sempurna pada gigi berlubang yang rusak , untuk merekatkannya menggunakan sejenis Lem.
  • Proses pemasangan mahkota hingga tamat tidak cukup dengan 1 kunjungan saja.

Mencabut GIGI – kalau kondisi fisik gigi sudah tidak dapat terselamatkan , artinya gigi sudah membusuk diseluruh permukaan gigi (kerusakan parah). Tidakan yang paling sempurna ialah pencabutan gigi. Namun terdapat kekurangn kalau gigi anda dicabut , akan terdapat ruang kosong yang akan merubah struktur gigi bergeser tampilan menjadi tidak rapih , solusi dapat memasang jembatan gigi atau implant gigi untuk mengisi ruang kosong tersebut.


Merawat GIGI Dari Dalam Menggunakan Nutrisi Yang Tepat Untuk GIGI

Agar GIGI kita berpengaruh , kita juga harus menyampaikan nutrisi yang sempurna , dengan menyampaikan mineral dan vitamin seperti:
  • Minum minyak ikan KOD , kandungan yang terdapat pada minyak ikan ini sangat bagus untuk gigi yaitu terdapat vitamin A , D dan K.
  • Minumlah komplemen vitamin C , kalsium dan magnesium.
  • Minum komplemen vitamin D , vitamin yang satu ini sangat direkomendasikan karena dapat meregenerasi gigi.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat GIGI Berlubang Dengan Benar dan Ampuh Menghilangkan Rasa Sakit , semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Sebagai catatan kami sangat merekomendasikan untuk mengunjungi Dokter Gigi minimal 6 bulan sekali dan berkonsultasi mengenai persoalan yang ada pada gigi anda. Dengan cara ini , gigi anda akan tertangani oleh orang yang lebih professional. Terimakasih. Baca juga : Penyebab Karies GIGI Dewasa & Balita

Share it:

Perawatan gigi

Post A Comment:

0 comments: