Efek Buruk Obat Kumur Yang Mengejutkan Anda

Share it:
Beragam merk obat kumur menunjukkan manfaat faktual dalam mencegah bacin lisan berkat kemampuannya membunuh bakteri. Bahkan , banyak dokter gigi menyarankan untuk memakai mouthwash secara teratur setelah sikat gigi pagi. Tujuannya supaya kesejukan lisan tetap terjaga sepanjang hari sekaligus menjauhkan bacin lisan tak sedap. Namun tahukah anda , obat kumur mempunyai efek buruk bagi kesehatan? Yuk , baca ulasan selengkapnya.

gambar mouthwash

Cara memakai obat kumur yang benar tidak lah semata-mata mengandalkannya tanpa melaksanakan perawatan gigi. Yang paling utama ialah menyikat gigi secara baik dan benar supaya kebersihan lisan terjaga. Perlu dicatat! Fungsi utama menyikat gigi yakni membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel atau tertinggal di sela-sela gigi. Walaupun anda rajin memakai mouthwash setiap hari namun cara menggosok gigi masih salah maka percuma saja.

Mengapa bisa percuma? Karena hal tersebut sama menyerupai menyemprotkan parfum tanpa mandi. Atau dengan kata lain , hanya menutupi (masking) bacin lisan sementara.

Efek harum dari obat kumur umumnya bertahan hingga tiga jam , setelah itu bacin nafas asli anda akan tercium. Bahkan , perdebatan panjang ( dari tahun 1970 hingga sekarang ) perihal alkohol dalam produk mouthwash dapat menimbulkan penyakit kanker lisan masih berlangsung.

Ada satu mitos yang tidak benar perihal penggunaan obat kumur yaitu dapat menghilangkan plak gigi. Mungkin ada benarnya bila obat kumur dapat mencegah plak / karang gigi dengan catatan anda rajin menggosok gigi pagi dan malam hari serta dilakukan dengan metode yang benar.

kegunaan benang gigi

Membersihkan sela-sela gigi dengan dentail flosh lebih efektif dibanding berkumur


Tidak salah jikalau obat kumur antiseptik dapat membunuh kuman maupun basil penyebab bacin mulut. Tetapi hal itu sifatnya sementara alasannya yakni kemampuan berkembang basil dalam lisan sangatlah cepat. Ini terjadi secara alami mengingat fungsi basil yakni sebagai pengurai makanan sekaligus mempercepat proses penghalusan makanan yang ada di mulut.


Apa Efek Buruk Obat Kumur Bagi Kesehatan Mulut?


Karena pertumbuhan basil tergolong sangat cepat , kemungkinan gusi terkena nanah sangat besar. Berkurangnya air liur juga berakibat pada menurunnya kemampuan lisan dalam membatasi kerusakan gigi akhir materi kimia , gula maupun zat asam yang dibawa oleh makanan. Selain itu , resiko lisan kering juga tidak bisa disepelekan alasannya yakni dapat membuat nafas lebih bacin dari sebelum memakai produk mouthwash.

Penggunaan obat kumur dalam jangka waktu lama untuk menghilangkan bacin mulut bisa menimbulkan basil dan kuman kebal terhadap zat pada produk tersebut. Anda terjebak dalam bulat siklus obat kumur yang merugikan kesehatan lisan dan berpotensi dapat mengancam kehidupan Anda.

Solusi cerdas yang bisa anda terapkan untuk mengatasi bacin tidak sedap serta menjaga nafas tetap segar yakni menyikat gigi secara teratur dengan teknik yang benar. Anda juga bisa membuat obat kumur sendiri dari campuran ½ sendok teh garam dapur dan air bersih. Campuran sederhana ini jauh lebih murah serta pastinya dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi secara alami.

Batasi penggunaan obat kumur , cukup 1 kali sehari dan jikalau memungkinkan , pilih produk yang mengandung antiseptik supaya kesehatan lisan tetap terawat.
Share it:

gigi

Post A Comment:

0 comments: