Mengobati Karies Gigi dan Pencegahan Sedini Mungkin

Share it:
sumber : |
Cegah Karies Gigi Dan Obati Karies Gigi – Ketika karies gigi sudah mulai terbentuk lakukan pencegahan secara dini karena kalau sudah membusuk dan mengenai dentin harus dilakukan tindakan pencabutan pada gigi tersebut , dan kalau masih jauh dengan dentin maka permukaan gigi atau email gigi dapat segera membaik dengan sendirinya lalu menghilang. Melakukan pencegahan terhadap karies gigi semenjak dini dapat mempertahankan gigi dan terhindar dari kerusakan pulpa yang dapat menimbulkan sakit gigi. Berikut yaitu beberapa metode dalam pengobatan karies gigi simak informasinya , pengobatan ini dilakukan oleh orang yang hebat dibidangnya menyerupai dokter gigi.

Mengobati Karies Gigi dan Pencegahan Sedini Mungkin

Lakukan penambalan

  • Metode penambalan dilakukan dengan pemberian materi yang dimasukan kedalam lubang yang amis atau menambal dari sekitar karies saja. Bahan yang umum digunakan yaitu perak amalgam yang biasa digunakan untuk menambal gigi , materi ini memiliki tingkat kekerasan yang baik sehingga dapat bertahan hingga 14 tahun lamanya kalau digunakan dibagian belakang atau gigi graham. Dan untuk materi tambalan dari campuran emas , memiliki tingkat kekerasan lebih tinggi , tentunya harganyapun lebih tinggi sesuai dengan kualitas. Kedua materi tambalan diatas biasa dipakai untuk gigi belakang karena warna perak dan emas tidak begitu terlihat , kalau diaplikasikan kepada posisi gigi depan kurang mengagumkan keliatannya.
  • Tambalan gigi menggunakan beling ionomer , beling ionomer mempunyai warna yang sama percis dengan warna gigi , digunakan untuk menambal pada garis gusi jawaban pembusukan yang disebabkan karies gigi , materi ini juga digunakan untuk menggantika gigi yang rusak jawaban terlalu keras menggosok gigi menggunakan sikat gigi. Menggosok gigi yang benar yaitu tidak terlalu menekan dengan keras.
  • Penambalan dengan materi antara campuran porselin dan damar , warna tambalan ini lebih menyerupai dengan warna gigi , sehingga dapat diaplikasikan kepada gigi yang diposisi depan , harga materi campuran ini lebih mahal dari materi perak dan amalgam namun memiliki kekerasan yang kurang , oleh karena itu tidak cocok kalau diaplikasikan ke gigi episode belakang digunakan untuk mengunyah makanan.
  • Bila sudah mengalami pembusukan hingga kebagian akar pembuluh darah (pulpa) , tidak ada jalan keluar lagi selain mencabut gigi untuk menghilangkan rasa sakit gigi. Bila dilakukan pengobatan melalui susukan akar , akan menimbulkan rasa sakit kepala , demam , pembengkakan dibagian rahang , tenggorokan terasa nyeri selama satu hingga dua minggu. Jika dilakukan pencabutan gigi harus dalam keadaan tidak sakit sama sekali (hal ini penting) , setelah dicabut kalau diposisi depan harus segera diganti karena akan merubah struktur gigi menjadi tidak rata , sama hal nya gigi episode belakang akan terasa kurang nyaman ketika mengunyah makanan. Jika tidak ingin terjadi menyerupai kasus diatas , maka diharuskan melaksanakan pencegahan sedini mungkin dimana karies mulai tumbuh di permukaan gigi.

Baca juga : Pengertian Karies

Pencegahan Karies Gigi Sejak Dini

Perawatan gigi yang baik itu yaitu dilakukan setiap 6 bulan sekali rutin datang ke dokter gigi terdekat dikota anda. Bila perlu lakukan rontgen gigi setiap 12 atau 36 bulan sekali untuk mengetahui struktur gigi anda , kalau ada hasil yang ganjil dapat dilakukan tindakan oleh dokter gigi. Berikut yaitu tips biar terhindar dari karies gigi.

Menjaga makanan
Makanan karbohidrat tinggi dapat membuat pembusukan pada gigi , namun yang paling berperan yaitu gula , semua yang bersifat gula , gula pasir , gula yang sudah tercampur dengan makanan , gula yang terdapat pada madu , gula yang terdapat pada buah-buahan , dan susu. Kesemuanya memiliki efek yang sama pada gigi , kalau gula tersebut bercampur dengan flak dalam waktu kurang dari 20 menit akan menimbulkan basil yang berjulukan Streptococcus mutans dalam plak yang akam membuat asam pada gigi yang balasannya merusak email gigi. Tips setelah makan-makanan yang mengandung gula dibutuhkan untuk berkumur biar rasa masin dalam gigi hilang , namun cara yang paling efektif yaitu dengan cara menggosok gigi. 

Selalu menjaga kebersihan mulut
Menjaga kebersihan gigi disaat setelah beraktifitas , dalam hal ini setelah makan lebih diutamakan membersihkan gigi dengan cara menggosok gigi , dan membersihkan plak dengan benang (flossing). Kedua cara ini sangat efekif namun kesadaran terhadap kebersihan gigi tergantung kepada orangnya. Plak yang masih lunak dapat diangkat dengan cara menggosok gigi dan menggunakan benang kalau tidak terjangkau oleh sikat gigi , biasanya berada pada sela-sela gigi. Untuk diketahui kalau plak sudah mengeras tidak dapat dihilangkan hanya dengan sikat gigi , namun harus berkunjung kedokter gigi untuk dibersihkan.

Penggunaan Fluor
Fluor merupakan benteng pertama setelah email yang melindungi gigi dari asam yang ditimbulkan oleh gula yang sudah dijelaskan diatas , fluoride yang berfungsi melapisi gigi menjadi pertahanan pertama dari serangan asam yang dapat menimbulakan karies , unsur kimia pada zat ini dapat mengeraskan email gigi. Bila kekurangan fluor dapat menimbulkan gigi rapuh dan mengalami kerusakan hebat , sangat mudah terserang karies , warna gigi dapat berubah. Kelebihan fluor juga tidak baik , tingginya kandungan fluor pada air dapat menimbulkan kerusakan pada gigi. Semua zat apabila digunakan tidak sesuai dengan semestinya akan merusak kesehatan.

Melakukan Penambalan 
Dilakukan pada gigi episode belakang yang sulit dijangkau untuk melindungi lekukan , setelah dilakukan pembersihan dibagian lekukan , kawasan yang telah ditambal ditutup menggunakan pelastik cair. Setelah cairan itu mengeras akan membentuk perlindungan terhadap kawasan tersebut.

Terapi antibakteri
Bakteri dalam lisan dapat berpindah melalui ciuman , beberapa orang memiliki basil yang sangat aktif didalam lisan , basil dapat tumbuh pada gigi yang gres tumbuh yang kemudian dapat menyebabkan karies gigi. Untuk membunuh basil ini dapat berkumur menggunakan cairan obat kumur klorheksidin selama beberapa minggu. Anda dapat menggunakan obat kumur fluor setiap hari dan dapat mengkonsumsi permen karet yang terdapat kandungan xilitol.

Demikian artikel perihal pengobatan karies dan cara mencegahnya semoga dapat bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan perihal pentingnya kesahatan lisan dan gigi.





Share it:

Kesehatan Gigi

Post A Comment:

0 comments: