Mengucek Mata Bisa Sebabkan Kebutaan

Share it:
Informasi Kesehatan | Perih , gatal dan menggagu , yah itu lah yang dirasakan ketika kelilipan atau sesuatu masuk ke mata kita , dan pada ketika itu banyak dari kita ingin mengucek mata , padahal mengucek mata memiliki efek yang mungkin tidak terbayangkan. Mengucek mata yaitu hal / reflek yang paling sering dilakukan ketika mata kemasukan debu , terasa perih , kering , atau gatal. Padahal hal sepele ibarat ini mampu menyababkan efek yang parah dan diluar perkiraan manusia. Mata yang merah dan terasa perih hanya efek samping kecil dari kebiasaan mengucek mata.
Informasi Kesehatan | Mengucek Mata Bisa Sebabkan Kebutaan

Mengucek mata beri tekanan lebih banyak

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Optometry and Vision Science menunjukkan bahwa kebiasaan menggosok mata dapat menjadikan kerusakan mata yang serius.
"Menggosok mata , melaksanakan yoga dengan posisi kepala di bawah , tidur dengan wajah menempel pada bantal dan berenang yaitu kegiatan yang dapat meningkatkan aksentuasi pada mata ," ujar Professor Charles McMonnies.
Saat ada benda yang menyentuh kelopak mata , maka mata akan mengalami peningkatan tekanan. Cahaya yang silau dapat memberi tekanan , sedangkan menggosok mata dapat memberi tekanan 5 sampai 10 kali lebih besar dibandingkan kondisi normal. Bahkan , cahaya yang terlalu jelas dapat menawarkan tekanan pada mata.

Sebabkan iritasi sampai kebutaan

Jika sering dilakukan , kebiasaan mengucek mata dalam jangka panjang dapat menjadikan kerusakan mata serius , misalnya glaukoma , lebih cepat mengalami rabun jauh sampai menyebabkan kebutaan.
Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata yaitu tidak mengucek mata , lebih baik beri obat tetes mata atau banyak berkedip jikalau terasa gatal , memerah atau kemasukan debu. Selain itu , tidak memaksakan mata ketika mengantuk dan tidur dengan posisi telentang yaitu hal sederhana yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Sekian berita dari kami , biar artikel ini bermanfaat bagi anda , dan terimakasih telah berkunjung



Share it:

berita

Post A Comment:

0 comments: