Mengulas Lengkap Bagaimana Cara Merawat GIGI Palsu Lepasan Mupun Permanen

Share it:
sumber : |
Tips Cara Merawat Gigi Palsu – Jika struktur GIGI kita sudah tidak lengkap lagi tentunya akan merusak penampilan , selain itu akan menjadikan rasa tidak nyaman ketika hendak mengunyah makanan. Nah hal ini merupakan problem serius yang di alami oleh sebagian orang. Apakah ada solusi untuk kasus menyerupai ini?

Dengan semakin berkembangnya teknologi dibidang kedokteran , aneka macam cara atau alternative yang akan memecahkan problem ini. Untuk mengisi kekosongan lisan atau mengisi sebagian gigi yang kosong , kita dapat menggunakan gigi tiruan (Palsu).

Sebelum membahas ihwal bagaimana cara merawat gigi palsu , alangkah lebih baik kita mengetahui macam-macam GIGI Palsu terlebih dahulu.

Yang pertama yaitu GIGI Palsu Lepasan 

Gigi palsu lepasan elastis
Digunakan untuk mengganti satu atau dua bahkan semua gigi dan dalam penggunaannya yaitu dapat dilepas dan dipasang. Bahan yang digunakan untuk membuat gigi palsu yaitu akrilik , valplast , polycarbonate dan metal.




Yang kedua merupakan penemuan ihwal gigi palsu yang lebih modern lagi yaitu GIGI Palsu Cekat (Permanen)

Ada 3 jenis Gigi palsu permanen yang dapat kita gunakan yaitu :

Gigi Palsu Crown : digunakan untuk menggantikan mahkota gigi yang sudah rusak , jadi gigi yang sudah rusak parah dapat diselubung atau di jaket sehingga dapat berfungsi normal kembali menyerupai semula.

Gigi Palsu Bridge (Jembatan) : cara ini dapat berkhasiat untuk menggantikan beberapa gigi yang hilang , cara penggunaannya yaitu dengan mengurangi gigi asli yang berada disebelah gigi yang sudah hilang biar dijadikan sebagai penyangga.

Implan Gigi : yaitu gigi palsu permanen yang ditanam pribadi dalam gusi dengan cara bedah , mahkota gigi yang dibuat untuk implant terbuat dari materi porselen kuat. Nah untuk implant (pengganti akar gigi) terbuat dari materi titanium (aman bagi tubuh).

Sekarang pasti anda sudah mengerti ihwal Gigi Palsu dan jenis-jenisnya , nah setelah anda menerima pengganti gigi anda yang hilang dengan menggunakan gigi palsu (lepasan atau permanen) , tentunya anda harus selalu menjaga kebersihannya. Lalu bagaimana cara merawat gigi palsu tersebut?

Cara merawat gigi palsu lepasan atau permanen tentunya ada sedikit perbedaan.

Cara merawat GIGI Palsu Lepasan yang dapat dibongkar pasang yaitu :

Gigi palsu lepasan lebih baik dibuka disaat kita tidur malam , cukup direndam dengan air hangat sampai esok hari.

Selalu mencuci gigi palsu setelah makan , gunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang halus , tidak disarankan menggunakan pasta gigi atau deterjen , alasannya ialah dapat mengikis permukaan gigi palsu lepasan. 

Jaga gigi palsu lepasan anda biar terus higienis.

Hati-hati ketika memegang gigi palsu anda ketika hendak mencuci atau membersihkannya , alasannya ialah kalau terjatuh disamping tidak higienis , permukaan gigi palsu akan mudah rusak.

Mengantisipasi biar gigi palsu tidak jatuh pada permukaan keras yaitu dengan cara menyediakan kain  atau handuk sempurna diatas permukaan meja daerah anda membersihkan gigi palsu.

Cara  merawat GIGI Palsu Permanen (cekat) yaitu :

Selalu membersihkan gigi palsu permanen andasehabis makan.

Bersihkan gigi palsu permanen anda ketika hendak tidur.

Lakukan flossing menggunakan benang untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyangkut pada sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Lakukan dengan cara kalem dan pelan biar gusi tidak terluka.

Kunjungi dokter gigi untuk dibersihkan setidaknya setahun 2 kali.

Segera periksakan gigi palsu permanen anda ketika ada tanda-tanda gigi anda sudah tidak nyaman atau merasa ada perubahan.


Demikian gosip yang dapat kami sapaikan kepada anda mengenai cara merawat gigi palsu lepas atau permanen dengan mudah dan benar. Semoga artikel ihwal kesehatan gigi ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih atas kunjungan anda.

Share it:

Perawatan gigi

Post A Comment:

0 comments: