Inilah 12 Penyebab Sakit Gigi Yang Akan Mengganggu Anda

Share it:
sumber : |
Sakit gigi merupakan hal yang paling angker bagi sebagian orang , apabila sudah terserang sakit gigi apa yang dilakukan tidak akan terasa nyaman dan tentunya terasa tersiksa , namun lagu yang dinyanyikan oleh Alm. Megy Z “lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati” itu merupakan salah besar! Mungkin pak Megy belum pernah mencicipi sakit gigi sih :D. Orang yang sudah mencicipi sakit gigi pasti nyanyi lagu “sakitnya tuh disini!” sambil pegang pipi hehe.
 
Inilah 12 Penyebab Sakit Gigi Yang Akan Mengganggu Anda
Saya oke dengan gambar diatas ini :D
Penyakit ini mampu menyerang siapa saja tidak memandang umur bau tanah maupun muda. Faktor umum yang mampu menimbulkan sakit gigi yaitu kurangnya menjaga kebersihan gigi dan ekspresi , dan mampu juga rasa sakit diakibatkan oleh makanan yang terlalu panas atau terlalu hambar sehingga gigi kita rusak. Dikutip dari Definisi sakit gigi , rasa sakit gigi bukan saja berasal dari gusi atau gigi itu sendiri namun mampu disebabkan oleh infeksi dan penyakit telinga.

Berikut ini merupakan 12 penyebab sakit gigi yang mungkin sedang anda alami , kami rangkum dari aneka macam sumber salah satunya dari wikipedia.

1.    Pembengkakan gusi dan mengeluarkan darah
Penyakit gusi mampu menyebabkan sakit gigi meskipun gigi sedang keadaan sehat , infeksi gusi terjadi jawaban peradangan pada jaringan gusi dan tulang yang menjadikan pembengkakan , sakit gusi pada tahap awal akan menjadikan gii terasa nyeri.

2.    Kerusakan pada gigi
Rongga kecil yang kita tidak sadari mungkin pada awal terbentuknya rongga tidak menimbulkan rasa sakit , namun ketika sudah lama dan membusuk akan mensugesti lapisan dalam gigi (dentis) efek yang dihasilkan yaitu gigi menjadi sensitif , dalam tahap lanjut pembusukan semakin dalam mengenai lapisan dalam (pulp) yang akan menimbulkan rasa sakit yang tajam. Dan jikalau dibiarkan akan menimbulkan infeksi dan menyebabkan ajal jaringan pulpa sehingga dibawah akar gigi terdapat nanah.

3.    Gigi Retak
Tidak merasa memiliki tanda-tanda yang terang tetapi mencicipi gigi sikit ketika dalam keadaan mengunyah , kejadian ini dapat disebabkan oleh celah yang tersembunyi bahkan tidak dapat dilihat oleh sinar-x , nah... ini merupakan sindrom gigi retak yang disebabkan cara mengunyah makanan yang buruk , cedera gigi , gigi grinding , adanya tambalan gigi sehingga struktur gigi melemah.

4.    Bruxism (gigi grinding)
Akibat dari kebiasaan yang tidak disengaja ibarat menggiling gigi , menggertakan gigi , berkontak rapat antara gigi atas dan gigi bawah yang menimbulkan tekanan berlebihan yang dapat menimbulkan rasa sakit tidak hanya pada gigi namun dapat juga merasa sakit didalam sendi rahang anda.

5.    Terbentur atau jatuh dapat menjadikan gigi retak maupun patah
Keretakan yang terjadi mampu saja tidak pada ketika kejadian berlangsung namun mampu saja keretakan terjadi atau terlihat pada waktu yang akan datang , hal ini akan menjadikan rasa sakit gigi yang sangat parah ketika garis retakan menuju saraf gigi , ditambah kuman yang bersarang didalam retakan yang dapat menjadikan gigi wangi dan rusak.

6.    Cara membersihkan gigi menggunakan sikat gigi dengan tidak tepat
Menyikat gigi secara bergairah atau menggunakan sikat gigi dengan bulu-bulu yang keras dapat menimbulkan sakit pada gusi , selanjutnya akan terbukanya akar gigi yang dapat menyebabkan sensitif terhadap rasa panas , hambar maupun makanan asam. Minuman asam akan memperburuk dan mengikis yang dapat memperburuk sensitifitas.

7.    Gigi tidak rata atau miring
Pada gigi yang tidak rata atau tidak selaras ternyata dapat menyebabkan sakit pada gigi , gigi yang tidak selaras dengan benar terdapat distribusi yang tidak merata disaat mengunyah yang dapat menimbulkan peradangan pada saraf yang akan menjadikan terjadinya sakit gigi.

8.    Tumbuh gigi bungsu (graham)
Pertumbuhan gigi ini biasanya akan menimbulkan rasa sakit ketika gigi tidak tumbuh secara full memalui garis gusi karena tidak terdapat cukup ruang untuk tumbuh. Hal ini akan menimbulkan tekanan pada gigi dan alhasil akan menimbulkan rasa sakit. Pertumbuhan setengah-setengah akan berpotensi menjadi sarang kotoran sisa makanan karena sulit dibersihkan , berkembangnya kuman terjadi infeksi pada gusi.

9.    Kawat gigi
Bisa disebut perawatan ortodontik (memperbaiki keselarasan struktur gigi dengan kawat) hal ini dilakukan oleh seorang yang sudah jago dibidangnya karena alat ini sangat rumit sehingga dalam pemasangan maupun pelepasan tidak sembarangan. Rasa sakit akan timbul ketika kawat gigi diadaptasi namun dalam periode waktu singkat.

10.    Sakit gigi bukan terdapat dari permasalahan internal
Kasus yang jarang terjadi karena sakit gigi yang ditimbulkan bukan berasal dari kondisi gigi maupun gusi yang tidak sehat. Namun mampu saja sakit gigi atau rahang yang terjadi jawaban dari tanda-tanda serangan jantung.

11.    Hormon yang tidak seimbang
Sakit gigi jawaban tidak seimbangnya hormon biasa terjadi kepada kaum wanita , wanita dapat mengalami 4 tahap ketidakseimbangan hormon dalam hidupnya dari masa pubertas , menstruasi , menopouse , hamil. Akibat ketidakseimbangan hormon akan menjadikan kesehatan kurang baik. Berkaitan dengan kesehatan gigi dan ekspresi , gangguan diantaranya peradangan gusi , jaringan gingival mempunyai banyak estrogen yang dapat merespon fluktuasi hormon. Inilah penyebab kenapa lebih sering perempuan yang mengalami sakit gigi dibanding kaum pria.

12.    Akar gigi sensitif
Akar gigi yang terbuka biasanya terjadi akar lebih rendah dari dua pertiga dari gigi yang secara normal terkubur di tulang , kuman dan racun melarutkan tulang sekitar akar sehingga menjadikan gusi dan tulang surut disebut resesi. Akar yang terbuka akan menjadikan gigi sangat sensitif terhadap suhu ketika makan makanan yang panas dan minuman yang dingin.

Itulah 12 penyebab sakit gigi yang sebisa mungkin kita hindari semoga gigi tetap sehat dan berpengaruh , terimakasih sudah membaca artikel hingga tuntas dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.
Baca juga pengertian karies gigi dan pengelompokannya , kunjungi link ini pengertian gigi berlubang
Share it:

Kesehatan Gigi

Post A Comment:

0 comments: