Pengertian Singkat Karies Gigi Dan Pengelompokannya

Share it:
sumber : |
Karies Gigi Ialah penyakit abses yang merusak gigi , penyakit yang dapat membuat gigi berlubang , apabila tidak segera ditangani , dapat menyebabkan rasa nyeri , gigi copot , terserang abses , bahkan lebih parah mampu menyebabkan kematian. Dari zaman dahulu penyakit ini sudah dikenal semenjak zaman perunggu , zaman besi , zaman pertengahan , penyakit ini timbul atau banyak dipengaruhi dari contoh makan. Sekarang karies gigi telah tersebar di seluruh dunia.

Ada banyak sekali cara dalam mengelompokan karies gigi , walaupun apa yang terlihat dapat berbeda-beda namun faktor perkembangan karies hampir sama , pertama lokasi yang akan terbentuk karies tampak menyerupai tempat berkapur dan lama-kelaman akan terjadi lubang yang berwarna coklat. Beberapa kasus karies dapat dilihat oleh mata telanjang tetapi tidak menutup kemungkinan diperlukannya dukungan radiografi untuk melihat tanda-tanda atau mengamati tempat sakit gigi yang kan dirusak.
 
Pengertian Singkat Karies Gigi Dan Pengelompokannya
Ilustrasi Gambar
Dikutip dari wikipedia Gigi berlubang terjadi disebabkan oleh beberapa jenis kuman penghasil asam yang dapat merusak. Asam yang diperoduksi kuman tersebut menghipnotis mineral gigi sehingga sensitif pada pH rendah. Gigi akan mengalami demineralisasi dan remineralisasi , pada ketika pH turun dibawah 5 ,5 proses demineralisasi akan lebih cepat dari emineralisasi , artinya lebih banyak mineral gigi yang luluh dan hasilnya terjadi Sakit gigi dan berlubang. baca : definisi sakit gigi

Tergantung pada seberapa besarnya kerusakan pada gigi , sebuah perawatan dapat dilaksanakan , perawatan dapat berupa penyembuhan pada gigi untuk mengembalikan bentuk , fungsi dan estetikanya. Namun belum diketahui hingga ketika ini regenerasi secara besar-besaran pada struktur gigi. Sehingga organisasi kesehatan gigi terus bersosialisasi mengajak biar selalu menjaga kesehatan gigi.
Share it:

Kesehatan Gigi

Post A Comment:

0 comments: