Pengertian Gigi Dan Jenis Jenisnya

Share it:
sumber : |

Definisi Gigi

Gigi adalah komponen paling keras yang terdapat didalam verbal mahluk vertebrata , bentuk dari gigi tersebut memiliki banyak variasi dan struktur yang tertata dengan baik sesuai dengan fungsinya yang memungkinkan bekerja sesuai dengan tugasnya. Fungsi utama dari gigi tersebut yakni untuk mengunyah dan merobek makanan , fungsi untuk binatang karnivora (pemakan daging) gigi berfungsi untuk senjata , menyerang atau mempertahankan diri disamping untuk mencabik-cabik makanan. Gigi mempunyai semoga yang tertutup oleh gusi , permukaan gigi ialah bab yang paling keras sebagai struktur pelindung yang disebut email gigi. Email gigi berfungsi untuk melindungi gigi semoga tidak mudah berlubang.
Pengertian Gigi Dan Jenis Jenisnya
Bentuk Gigi Sehat
Gigi merupakan identitas yang paling membedakan dari jenis mamalia yang ada didunia , dan gigi dapat menjadi fosil yang sempurna. Para ilmuan mengidentifikasi jenis fosil dilihat dari struktur gigi sebagai materi pola utama , bentuk pada tatanan gigi hewan mengidentifikasi dari jenis makanan hewan tersebut , contohnya hewan herbivora yang memakan makanan jenis daun-daunan , pada hewan ini lebih banyak terdapat gigi graham untuk mengunyah , sebaliknya hewan karnivora pemakan daging lebih membutuhkan gigi taring untuk mencabik daging dan juga dijadikan senjata selain itu daging mudah dicerna tidak menyerupai daun atau rumput , daging dapat pribadi ditelan tidak membutuhkan banyak gigi graham untuk mengunyah makanan.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut

Jenis-Jenis Gigi

jenis dan fungsi gigi
Nama Dan Tata Letak Struktur Gigi

Kami akan menjelaskan sedikit dari macam-macam gigi beserta fungsinya , berikut penjelasannya :

  • Jenis gigi pada insan terdapat 4 (empat) macam gigi yang berbeda sesuai dengan fungsi tugasnya.
  • Gigi Seri yakni gigi yang memiliki satu akar berfungsi untuk mengerat atau memotong makanan atau benda apapun.
  • Gigi Taring yakni gigi yang sama menyerupai gigi seri mempunyai satu akar namun memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda yaitu untuk mencabik atau mengoyak makanan atau jenis benda lainnya.
  • Gigi Graham Kecil yakni gigi yang mempunyai 2 (dua) akar yang berfungsi dan memiliki peran sebagai pengunyah atau mengoyak atau menggilas makanan.
  • Gigi Graham yakni gigi yang memiliki ukuran paling besar , gigi ini memiliki 3 (tiga) akar yang berfungsi untuk mengeksekusi makanan melumat atau mengunyah makanan , gigi terdapat di posisi paling belakang.

Gigi insan memiliki 4 (struktur) yang tersusun sebagai jaringan yaitu :

  • Email Gigi ialah jaringan gigi yang mempunyai fungsi melindungi gigi terdapat dibagian paling luar (permukaan) yang sangat keras. Email gigi kalau tidak dirawat dengan baik akan mengalami kerusakan yang menjadikan gigi berlubang.
  • Tulang Gigi Dentin ialah tulang yang terdapat dilapisan setelah email gigi , lapisan yang terbentuk dari kapur.
  • Rongga Gigi (Pulpa) ialah rongga dibagian dalam gigi , pembuluh darah kapiler dan terdapat serabut-serabut syaraf gigi. Bila gigi berlubang yang diakibatkan karies sudah mencapai pulpa , rasa sakit yang akan ditimbulkan semakin dasyat. Efek dapat membuat badan meriang dan sakit kepala yang ditimbulkan akhir sakit gigi.
  • Semen / Sementrum ialah salah satu bab dari akar gigi yang berdampingan pribadi dengan rahang dimana gigi mulai terbentuk.


Itulah penjelasan singkat mengenai Pengertian Gigi dan Jenisnya sesuai dengan fungsi tugasnya. Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini dapat membantu anda menambah wawasan wacana pentingnya merawat kesehatan gigi.

Kata kunci:
Pengertian gigi tiruan , pengertian gigi berlubang , jenis gigi , fungsi gigi sesuai bentuk , jenis gigi insan , jenis gigi binatang , jenis gigi palsu , jenis penyakit pada gigi , jenis gigi dan fungsinya , jenis gigi berlubang , macam gigi gingsul , macam gigi kawat.
Share it:

Kesehatan Gigi

Post A Comment:

0 comments: