Penyebab Karies Gigi | Ulasan Umum Dan Karies Pada Anak (Balita)

Share it:
sumber : |

Penyebab Karies Gigi

Sebelum membahas apa yang menjadi Penyebab Karies Gigi , diperlukan terlebih dahulu mengenal apa yang disebut gigi , gigi merupakan adegan dari tubuh insan yang paling keras , mempunyai beberapa struktur yang berlapis mulai dari email yang sangat keras lalu , dentin (tulang gigi) , pulpa yang berisi pembuluh darah dan beberapa adegan jaringan yang memperkokoh gigi. Namun kalau gigi tidak dirawat dengan benar maka akan mengalami kerusakan. Mengingat gigi merupakan element yang mudah rusak.
makanan penyebab karies gigi
Salah Satu Makanan Penyebab Karies Gigi
Proses gigi rusak dimulai dengan adanya karies gigi (baca : pengertian karies) diawali dengan lubang gigi. Karies ialah elemen yang merusak gigi dari email gigi hingga adegan dalam dentin. Struktur email merupakan awal yang menentukan terjadinya karies. Lapisan luar gigi merupakan email yang paling keras dibandingkan lapisan kedua sehingga kita harus benar-benar menjaganya dari hal-hal yang memungkinkan rusaknya lapisan luar gigi. Untuk menjaga kekerasannya email gigi membutuh apa yang disebut flour.

Karies menjalar bermula dari tubuh gigi yang biasanya terjadi dibagian bawah bersahabat gusi , kalau tidak segera ditindak lanjuti (dibersihkan dan ditambal) , karies akan meluas dan menjalar kebagian dalam menyerupai pulpa jaringan penbuluh syaraf dan pembuluh darah , apabila sudah mencapai ruang dalam dapat menyebabkan rasa sakit yang amat menyiksa. Akhirnya gigi akan amis dan mati sehingga harus dicabut untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait : Definisi Gigi Berlubang

Penyebab Terjadinya Karies Gigi

Banyak faktor penyebab timbulnya karies yang memudahkan terjadinya karies. Dibawah ini 3 faktor utama yang akan kami ulas. namun disamping itu ada faktor penting lainnya yang dapat mendukung terjadinya karies menyerupai tingkat kebersihan lisan , frekuensi makanan , serta usia. Dan jenis penyakit pendukung menyerupai kencing manis , hal yang paling penting ialah sikap dan kesadaran memelihara kesehatan gigi.
3 Faktor Utama Penyebab Karies :
  • Air ludah , bentuk dan penataan gigi yang tidak rapih dan banyak ludah kental , hal ini dapat mempermudah terjadinya karies gigi.
  • Jenis konsumsi makanan yang kurang baik untuk gigi , makanan manis dan kental yang dapat menempel serta lengket pada gigi , menyerupai coklat dan permen dimakan disaat malam hari dan tidak dibersihkan sehingga memudahkan terbentuk karies.
  • Bakteri penyebab karies gigi , beberapa penyebab karies gigi menyerupai jenis Lactobacillus dan Streptococcus.

Penyebab Karies Gigi Pada Anak (Balita)

Sering melihat gigi anak kecil atau balita berlubang (karies) yang sudah parah terutama dibagian gigi depan , penyakit berlubang pada gigi anak dapat kita cegah lebih awal. Kami mencoba menawarkan informasi mengenai karies gigi pada anak dan cara mencegahnya. 

penyebab karies pada balita
Mencegah Karies Dengan Menyikat Gigi
Sakit gigi berlubang pada anak yang disebut ECC dalam istilah medis (Early Childhood Caries) rusak atau hilang karna karies gig pada satu gigi atau lebih , kondisi parah yang disebabkan karies. Untuk menjegahnya lebih awal dapat diperiksa pada gigi terutama 4 gigi seri atas yang paling rentan terserang karies , langkah pertama dapat dilihat adegan atasnya , kalau terdapat sisa makanan yang menempel dapat dibersihkan menggunakan kain lembut dan air hangat. Bersihkan hingga tidak ada yang tersisa dianjurkan dilakukan dibawah cahaya yang cukup.

Lalu Mengapa Gigi Balita Gampang Terserang Karies?

Penyebab gigi anak terserang oleh karies pada dasarnya sama dengan pada gigi berilmu balig cukup akal yaitu larutnya mineral email gigi karena lamanya asam yang menempel pada gigi. Terpendamnya sisa makanan dan minuman pada gigi dapat mengakibatkan basil dalam lisan yang dapat merubah gula menjadi asam. Kejadian pada anak ketika ketika tidur biasanya balita sambil mengkonsumsi minuman nutrisi pada dot menyerupai susu , ASI , dan lainnya. Hal ini merupakan sumber awal terjadinya karies pada anak-anak dibawah umur 6 tahun , cairan minuman nutrisi yang terpendam pada gigi merupakan sasaran empuk bagi basil penyebab karies.

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Berlubang Pada Anak Akibat Karies?

  • Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan dalam pencegahan pertumbuhan karies gigi pada anak-anak (balita).
  • Diusahakan pada anak yang sudah menginjak umur satu tahun untuk tidak menggunakan dot ketika minum , ajarkan menggunakan gelas atau cup.
  • Ajarkan anak ketika menginjak umur 6 bulan untuk mengkonsumsi minuman menggunakan baby cup yang bertujuan setelah berumur satu tahun sudah terbebas dari dot.
  • Berikan anak minum air mineral tanpa suplemen gula setelah mengkonsumsi air susu atau minuman nutrisi lainnya.
  • Lakukan pembersihan gigi pada anak minimal dua kali dalam sehari , untuk anak yang belum memiliki gigi atau gres tumbuh sedikit dapat dilakukan pembersihan menggunakan kain yang lembut , dengan cara dicelupkan terlebih dahulu kedalam air hangat yang matang. Dan kalau sudah memiliki gigi dapat menggunakan sikat gigi khusus balita yang dapat dibeli disupermarket terdekat.
  • Batasi makanan dan minuman ketika anak sudah boleh makan dan minum yang dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi menyerupai makanan yang lengket , biskuit , cookies , permen , jus buah , jenis minuman lainnya. Berilah cemilan yang lebih bermanfaat bagi tubuh balita menyerupai potongan buah , potongan keju , rebus-rebusan. 
  • Tidak kontak antara lisan bayi , dot , makanan dan minuman dengan lisan orang berilmu balig cukup akal , ibu atau pengasuh , karena hal ini dapat menyebabkan perpindahan basil dalam lisan berilmu balig cukup akal ke lisan bayi , lebih parahnya apabila lisan berilmu balig cukup akal memiliki karies gigi yang kurang terawat , sesuai penelitian basil yang terdapat pada karies gigi jauh lebih bayak dibanding dengan gigi sehat.
  • Pada ketika anak berumur 6 bulan , pasti anak sudah tumbuh sedikit gigi , bersihkan gigi anak menggunakan sikat gigi khusus anak sesuai umurnya tanpa menggunakan pasta gigi , setelah anak sudah dapat meludah atau berkumur gres gunakan pasta gigi , bantulah anak menyikat gigi hingga anak tersebut andal sendiri.
  • Ketika menginjak umur 1 tahun ajak anak kedokter gigi anak untuk diperiksa dan menerima perawatan.

Sekian artikel ihwal Penyebab Karies Gigi yang telah kami ulas , biar menjadi manfaat bagi anda dan menambah wawasan ihwal pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca juga : Pengertian Gigi
Share it:

Kesehatan Gigi

Post A Comment:

0 comments: