Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa

Share it:

Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa

Info Kesehatan | Tak terasa Bulan Ramadhan telah dating kembali , tidak jarang dari kita melihat suasana bulan puasa ini familiar dengan pemandangan orang-orang yang kurang bersemangat dan lemas. Tetapi jikalau kita memperhatikan dengan baik , ada beberapa orang yang walau sedang berpuasa tetapi kondisi badannya tetap segar bugar , hmm apa ya rahasianya?
Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa
Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa

Saat Sahur

  • Jika tidak terlalu suka dengan buah-buahan waktu sahur , anda mampu mensiasatinya dengan meminum jus jus buah semoga tidak terjadi duduk perkara pada BAB.
  • Usahakan untuk meminum susu , alasannya yakni susu dapat mencegah kekurangan darah / anemia yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas pada saat siang hari.
  • Menu makanan yang akan dinikmati sebaiknya yang mengandung banyak air atau buah - buahan sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi yang parah saat menjalani puasa. Kurma juga dapat membuat tubuh bugar seharian.
  • Ketika sahur sebaiknya hindari makanan yang manis atau terlalu banyak gula , alasannya yakni asupan makanan/minuman yang manis akan menyebakan tubuh yang lemas pada siang hari ketika berpuasa.
  • Saat berpuasa ada baiknya menghindari makan hidangan fast-Food , gorengan ataupun makanan yang terlalu pedas pada ketika sahur alasannya yakni dapat mengganggu sistem pencernaan pada siang hari.

Saat Berpuasa

·         Di waktu terpanas di siang hari , hindari aktifitas fisik yang tidak perlu dan berlabih , dan juga jangan terlalu lama dibawah terik matahari secara langsung. Jika ada waktu , sempatkan untuk beristirahat , dan mengganti waktu tidur yang kurang alasannya yakni bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat dzuhur merupakan ketika yang sempurna untuk beristirahat.
  •          Jika anda memiliki waktu luang di sore hari , sempatkan untuk berolahraga ringan menyerupai jalan sore , bersepeda kalem , ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.
  •          Kerjakan tugas-tugas Anda dengan perlahan tapi pasti. Usahakan tidak menumpuk pekerjaan yang mungkin mampu membuat anda stress , stress akan menyebabkan otak lelah dan tentunya perut bisa terasa lebih lapar.
  •          Istirahatlah sejenak , bila pada ketika jam istirahat lebih baik Anda pakai untuk tidur sejenak , setalah sholat zuhur yakni waktu terbaik untuk tidur sejenak. Tidur selama 15 menit saja sudah dapat membangkitkan kembali semangat.
  •          Lakukan pemanasan dan olahraga ringan menyerupai berjalan kaki ketika berpuasa , hal ini sangat disarankan. Olahraga juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh anda.

Saat Berbuka
·         Saat terpaksa harus berbuka puasa di jalan akhir macet atau pekerjaan , jangan lupa untuk menyiapkan ta’jil sebelum Anda hendak pulang. Kurma merupakan makanan ta’jil terbaik untuk memulai berbuka puasa.
·         Saat waktu buka puasa , jangan makan secara tidak terkontrol dan berlebih. Sebaiknya ikuti sunnah Rasul , yaitu dengan memakan buah kurma dan minum minuman yang manis , misalnya susu , teh , jus buah atau air mineral juga cukup bagus. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
·         Biasakan untuk segerakan berbuka , jangan suka menundanya , namun jangan kalap ketika menyantap menu buka puasa.
Sekian beberapa tips yang kami sajikan , semoga dapat bermanfaat dan membuat ibadah puasa anda semakin baik dan menyehatkan. Terima kasih
Share it:

tips

Post A Comment:

0 comments: