Gejala dan Penyebab Bau Mulut (Halitosis)

Share it:
Rak toko yang penuh dengan mint , pembersih verbal dan produk lain didesain untuk menolong orang melawan dan mencegah busuk verbal atau nafas tak sedap. Produk-produk ini membantu mengontrol napas busuk hanya sementara.

Makanan tertentu , kondisi kesehatan dan kebiasaan sehari-hari menjadi penyebab busuk mulut. Pada banyak kasus , anda dapat memperbaiki napas tak sedap dengan kebersihan gigi dan verbal yang tepat. Tapi , kalau teknik perawatan diri sendiri secara sederhana tidak menyelesaikan duduk perkara , anda dapat menemui dokter gigi anda untuk meyakinkan apa ada kondisi yang lebih serius yang menjadikan anda terkena napas tak sedap.

Jenis yang sempurna dari napas busuk bervariasi tergantung sumber atau apa yang menjadi penyebab napas bau.

Penyebab Bau Mulut


Kebanyakan busuk verbal berasal dari dalam verbal anda. Penyebab napas tak sedap bermacam-macam. Di antaranya adalah:

• Makanan. 

Partikel yang pecah pada dan di sekitar gigi anda dapat menjadikan napas menjadi bau. Makan makanan yang mengandung minyak tertentu yakni sumber napas bau. Bawang merah dan bawang putih yakni pola yang paling mudah , tetapi sayuran lain dan bumbu-bumbu juga dapat menjadikan napas bau. Setelah makanan-makanan tersebut tercerna dan minyak-minyak yang keras yang terkandung di dalamnya terserap ke dalam peredaran darah anda , mereka akan terbawa ke paru-paru anda dan tercium pada napas anda hingga makanan tersebut benar-benar hilang dari badan anda. Bawang merah dan bawang putih dapat menjadikan napas busuk selama 72 jam setelah anda memakannya.

• Masalah gigi. 

Kebersihan gigi yang rendah dan penyakit pada gigi dapat menjadi sumber napas bau. Jika anda tidak menggosok gigi setiap hari , partikel makanan akan tertinggal di gigi anda , mengundang basil dan memancarkan uap hidrogen sulfida. Lapisan lembut dan tidak berwarna dari basil akan terbentuk di gigi anda.

Jika tidak di gosok , plak dapat mengiritasi gusi (gingivitis) dan menjadikan kebusukan gigi. Dengan cepat , plak akan terbentuk di antara gusi dan gigi anda (periodontitis) , memperburuk duduk perkara ini - dan juga napas anda. Gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak sempurna juga dapat menjadikan napas busuk alasannya yakni basil dan partikel makanan.

• Mulut kering. 

Air ludah membatu membersihkan dan membasahi verbal anda. Mulut yang kering memungkinkan sel mati berkumpul di pengecap anda , gusi atau dinding pipi anda. Sel-sel ini kemudian membusuk dan menjadikan napas tidak sedap. Mulut kering secara alami terjadi ketika tidur. Inilah yang menjadikan napas busuk di pagi hari. Mulut kering lebih bermasalah kalau anda tidur dengan verbal terbuka. Beberapa pengobatan medis dapat menjadikan verbal kering secara kronis sama parahnya dengan merokok , yang menjadikan masalah pada kelenjar ludah anda.

• Penyakit. 

Infeksi paru-paru yang kronis dan nanah bernanah pada paru-paru dapat menghasilkan napas busuk yang parah. Penyakit lain , menyerupai beberapa kanker dan penyakit metabolisme tertentu , dapat menjadikan busuk verbal yang khas. Kegagalan ginjal dapat menjadikan busuk napas menyerupai urin , dan kegagalan hati menjadikan napas berbau menyerupai ikan. Orang dengan diabetes yang tidak terkontrol sering mengalami napas yang berbau menyerupai buah. Penyakit asam lambung yang parah pada perut anda (gastroesophageal reflux disease , atau GERD) juga terkait dengan napas bau.

• Kondisi verbal , hidung , dan tenggorokan. 

Napas busuk juga berkaitan dengan infeksi sinus (lubang yang menghubungkan rongga hidung dengan batok kepala). Anak-anak dengan napas busuk mungkin saja ada benda abnormal yang menyangkut pada hidungnya. Kacang atau benda abnormal yang tersangkut di dalam hidung menjadikan napas yang berat dan busuk mulut. Infeksi tenggorokan dapat menjadikan napas busuk hingga penyakit itu sembuh. Bronkhitis dan infeksi pernapasan atas lainnya dimana ketika anda batuk , dahak yang terdapat di dalamnya yakni sumber dari napas bau.

• Produk tembakau. 

Asap membuat verbal anda kering dan menjadikan busuk napas yang tidak sedap. Pengguna tembakau juga lebih mudah terkena penyakit gigi dan gusi serta sumber napas busuk lainnya.
Share it:

Mulut

Post A Comment:

0 comments: